Tips membeli printer sesuai kebutuhan

June 08, 2017

            Di zaman ini mesin cetak adalah penemuan yang sangat dibutuhkan dan penting, walaupun mesin ini tidak besar namun dengan berkembangnya waktu teknologi printer memiliki perkembangan yang sangat pesat sesuai kebutuhan dari jaman ke jaman. Printer merupakan salah satu jenis perangkat keras alias hardware yang saat ini sudah banyak sekali dibutuhkan oleh banyak orang, baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan pekerjaannya. Model dan merk printer sudah banyak ditemukan di toko elektronik.

            Memilih dan membeli printer pun tidak bisa sembarangan, beberapa tips dari kami ini mungkin berguna untuk anda yang ingin membeli printer yang yang sesuai dengan kebutuhannya. Berikut tips memilih printer yang tepat.

  1. Printer Rumahan/Standar

            Printer rumahan biasanya dibutuhkan untuk banyak hal, mulai dari print file-file ringan sampai print laporan pekerjaan yang sangat banyak. Untuk printer rumahan seperti ini biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, dan harganya pun tidak terlalu mahal hanya berada dikisaran satu jutaan saja. Printer dalam kategori ini biasanya memiliki fitur dasar seperti kemampuan print warna dengan kombinasi CMYK atau RGBK.

 

  1. Printer untuk Pelajar

            Biasanya pelajar hanya menggunakan printer untuk tugas-tugas studinya yang lebih banyak berisi teks hitam. Printer untuk kalangan pelajar seperti ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan printer rumahan. Tapi, biasanya lebih baik dari printer rumahan, karena untuk kalangan mahasiswa yang memiliki tugas seperti print gambar tentu membutuhkan hasil cetakan yang lebih baik dari print biasa.

 

  1. Printer untuk kalangan Fotografer

            Walaupun printer inkjet hampir semuanya mampu mencetak foto, sebaiknya untuk mencetak foto digital jangan menggunakan printer jenis ini. Printer yang cocok untuk fotografer adalah printer yang memiliki jumlah spectrum warna yang lebih tajam dibanding dengan printer lainnya. untuk hasil yang lebih maksimal sebaiknya Anda menggunakan printer digital laser. Biasanya printer jenis ini bisa berkisar hingga puluhan juta rupiah.

 

  1. Printer untuk Bisnis atau Perusahaan

            Untuk bisnis/ perusahaan, sebaiknya carilah printer dengan fitur all-in-one seperti print, copy, dan scan. Printer untuk bisnis sebaiknya yang menggunakan lasetjet, karena memiliki kecepatan print yang baik sehingga anda tidak perlu menunggu lama untuk menyelesaikan pekerjaan yang sedang deadline.